Yang mempengaruhi perubahan berat badan pada wus akseptor kb

Menopause dan Sindrom Premenopause. Sedangkan pada kontrasepsi suntik bulanan efek samping terhadap berat badan sangatlah ringan, umumnya pertambahan berat badan sedikit Hartanto, Penambahan berat badan ini bersifat sementara dan individu tidak terjadi pada semua pemakai suntikan, tergantung reaksi tubuh wanita itu terhadap metabolisme progesteron.

Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Hipotesa para ahli: Pada dasarnya perubahan berat badan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga menjadi program nasional dal am rangka mengendalikan jumlah penduduk di 1 Indonesia. Efek samping suatu metode kontrasepsi merupakan suatu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan keputusan terhadap kelangsungan pemakaian metode kontrasepsi.

Dengan adanya nafsu makan yang lebih banyak dari biasanya tubuh akan kelebihan zat-zat gizi. Oleh karena itu pemerintah harus melakukan pengendalian jumlah penduduk, salah satunya melalui program keluarga berencana KB.

Hormon estrogen merangsang pusat nafsu makan yang ada di hipotalamus. Secara umum faktor tersebut dapat dibagi atas dua golongan besar yaitu faktor intern dan faktor ekstern Bindiknakes, Berat badan merupakan pilihan utama karena berbagai yaitu parameter yang baik, mudah terlihat perubahan dalam waktu singkat karena perubahan-perubahan konsumsi makanan dan kesehatan.

Wedding One Moment a Lifetime. Arikunto, S.

PERUBAHAN BERAT BADAN PADA PESERTA KONTRASEPSI SUNTIK

Balai Pustaka. Hartanto, H. Key words: Risiko kenaikan berat badan menurut Saifuddin kemungkinan disebabkan karena hormone progesterone mempermudah perubahan karbohidrat dan gula menjadi lemak, sehingga lemak di bawah kulit bertambah, selain itu hormone progesterone juga menyebabkan nafsu makan bertambah dan menurunkan aktivitas fisik, akibatnya pemakaian suntikan dapat menyebabkan berat badan bertambah.

Diposting oleh. Research Methods in Physical Activity. Pustaka Rihana. Saran Lestari, I. Diketahui bagaimana efek kontrasepsi terhadap berat badan b. Gangguan lainnya secara langsung mempengaruhi berat badan seseorang misalnya luka yang menyebabkan perdarahan berat, kecelakaan yang menyebabkan rusak atau terpotongnya salah satu anggota tubuh kita.

Raja Grafindo Persada. Salam, N. Sedangkan pada kontrasepsi suntik bulanan efek samping terhadap berat badan sangatlah ringan, umumnya pertambahan berat badan sedikit Hartanto, Fakultas Kedokteran Universitas Indoensia.

Metodologi Penelitian Kesehatan. Perubahan berat badan dibagi menjadi: Tampaknya terjadi karena bertambahnya lemak tubuh, dan bukan karena retensi cairan tubuh. Dalam hal ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu: DMPA Depot medroxy progesterone acetate merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari pada biasanya.

Masalah utama yang dihadapi diIndonesia adalah dibidang kependudukan yang masih tingginya pertumbuhan penduduk. Suryabrata, S.Dec 12,  · Pemakaian kontrasepsi suntik baik kontrasepsi suntik bulanan maupun tribulanan mempunyai efek samping utama yaitu perubahan berat badan.

Faktor yang mempengaruhi perubahan berat badan akseptor KB suntik adalah adanya hormon progesteron yang kuat sehingga merangsang hormon nafsu makan yang ada di hipotalamus. Faktor yang mempengaruhi perubahan berat badan akseptor KB suntik adalah adanya hormon progesteron yang kuat sehingga merangsang hormon nafsu makan yang ada di hipotalamus.

Dengan adanya nafsu makan yang lebih banyak dari biasanya tubuh akan kelebihan zat-zat robadarocker.com: Dr.

Suparyanto, robadarocker.com 1. Menurut ibu, efek samping apa yang sering terjadi pada KB suntik 1 bulan? A. Perubahan berat badan B. Badan lemas dan ngantuk C.

Mengganggu tumbuh kembang bayi 2. Menurut ibu, apa yang menyebabkan bertambahnya berat badan pada pengguna KB suntik 1 bulan? A. Bertambahnya lemak tubuh B. Retensi cairan tubuh C. Bengkak dst. Berat badan menurun jika hasil penimbangan berat badan lebih rendah dibandingkan berat badan sebelumnya.

C. Pengaruh Kb Suntik Terhadap Perubahan Berat Badan Pemakaian kontrasepsi suntik baik kontrasepsi suntik bulanan maupun tribulanan mempunyai efek samping utama yaitu perubahan berat robadarocker.com: Nie_Na Pengaruh KB Suntik Terhadap Kenaikan Berat Badan Akseptor 74 PEMBAHASAN Berdasarkan hasil penelitian usia akseptor KB Suntik yang mengalami kenaikan berat badan terbanyak pada rentang 20 – 35 tahun, yaitu 55 orang (71,43%) dan KB merupakan fase untuk menjarangkan.

Pemakaian kontrasepsi suntik baik kontrasepsi suntik bulanan maupun tribulanan mempunyai efek samping utama yaitu perubahan berat badan. Faktor yang mempengaruhi perubahan berat badan akseptor KB suntik adalah adanya hormon progesteron yang kuat sehingga merangsang hormon nafsu makan yang ada di hipotalamus.

Yang mempengaruhi perubahan berat badan pada wus akseptor kb
Rated 4/5 based on 50 review